Monday 12 September 2016

Fakta Menarik tentang Bom Atom Hiroshima

 Fakta Menarik tentang Bom Atom Hiroshima
Illustrasi
Semenarik apakah fakta tersebut? mari kita baca...

          1. Telah ada Peringatan tentang Pengeboman.

          Angkatan Udara AS saat sebelum menjatuhkan bom atom, telah dijatuhkan pamflet di Hiroshima untuk memperingati orang-orang akan adanya pengeboman.

          2. Walikota Hiroshima memprotes uji coba nuklir di Hiroshima.

          Selama beberapa dekade, walikota Hiroshima, "Tadatoshi AKiba" menulis surat protes setiap kali uji coba nuklir telah dilakukan, dan sebagai permohonan untukmengakhiri penggunaan senjata nuklir.

          3. Nama Kode untuk bom diambil dari film "The Maltese Falcon"

          

          Bom yg dijatuhkan di Hiroshima adalah sebuah senjata bom atom jenis Uranium dengan codename "Little Boy" sedangkan yg dijatuhkan di Nagasaki adalah bom atom ledakan jenis Plutonium dengan codename "Fat Man". Desan bom diciptakan oleh Robert Serber yg memilih codename sesuai dengan bentuk desain dari bom tersebut. "Fat Man" berbentuk bulat dan gemuk. dan diberinama setelah karakter "Kasper Gutman" di film Maltese Falcon. Sedangkan "Little Boy" dinamakan setelah karakter Elisha Cook, Jr di film yg sama, sebagaimana yg dimaksud oleh Humphrey Bogart.

         . 4. Sekitar 12 Pil "Sianida" disimpan di kokpit Enola Gay (pesawat yg membawa bom)
Ilustrasi

         Pilot dari pesawat itu diperintahkan untuk membawa Pil Sianida jika misi itu diketahui/dikompromikan selama pemboman Hiroshima.

          5. Hanya 3 dari 12 awak pesawat Enola Gay yg tau sebenarnya apa maksud dari misi mereka ke Hiroshima
Kru Pesawat Enola Gay
          6. Radiasi dari Ledakan menciptakan bayangan permanen.

          Hiroshima Shadows " ketika bom atom dijatuhkan di Hiroshima, ledakan yg dahsyt sehingga dapat secara permanen membakar bayangan dari orang-orang dan objek tercetak di tanah"

          7. Radar milik Jepang telah mendeteksi pesawat yg membawa bom.

          Pada tahun 1945, operator radar Jepang mendeteksi sejumlah pesawat yg sedikit ( salah satunya membawa bom nuklir yg akan dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki), tapi memutuskan tidak untuk menyerang karena jumlahnya yg sedikit dan tidak dilihat sebagai ancaman.

          8. Butuh waktu 8 jam sebelum mereka menyadari kota Hiroshima telah dibom.

          Little Boy meledak diatas Hiroshima pada 08.15 Pagi ,6 Agustus 1945. Sekitar satu jam sebelumnya, radar Jepang mendeteksi pesawat Amerika yg menuju selatan Jepang dan peringatan telah diberitahukan diseluruh kota, termasuk Hiroshima. Namun, pada 0.8.00 Pagi, operator menetapkan bahwa jumlah pesawat sangat kecil dan mungkin tidak lebih dari 3, kemudian peringatan serangan tersebut dihentikan.

         9. Polisi di Nagasaki selamat dengan menggunakan metode "Duck and Cover"

          Setelah bom atom pertama Hiroshima di Jepang, seorang polisi pergi ke Nagasaki untuk mengajari polisi lainnya tentang Ducking (merunduk) setelah Cahaya dari bom atom. Sebagai hasil dari peringatan tepat waktu ini, tidak seorangpun polisi di Nagasaki yg tewas dalam ledakan Atom Nagasaki

          10. Seorang warga Jepang yg selamat dari kedua ledakan atom
Tsutomu Yamaguchi, selamat dari 2 ledakan atom di tahun 1945

          Pada thn 1945, seorang pria bernama "Tsutomu Yamaguchi" selamat dari ledakan atom di Hiroshima, menyeret dirinya ke tempat aman dan menghabiskan malam disitu, saat dipagi hari ia naik kereta api untuk bekerja tepat waktu di Nagasaki, dimana ia selamat dari ledakan bom atom lain.

Artikel Terkait

Fakta Menarik tentang Bom Atom Hiroshima
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email